Selasa, 28 Juli 2009

Detoksifikasi Tubuh Sebagai Hikmah Optimalisasi Tidur Di Malam Hari Berdasarkan Tuntunan Sang Maha Pengatur Hidup


Dalam Islam, seorang muslim diajarkan untuk dapat mengoptimalkan waktu dengan bijaksana. Allah SWT telah menciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk tidur (istirahat), sebagai tanda-tanda kebesaran-Nya. Hal tersebut difirmankan Allah dalam QS. Ar-Ruum ayat 23. Namun seringkali manusia melakukan kegiatan yang berlawanan, seperti bekerja di malam hari dan tidur di siang hari. Betapapun ingin menggunakan waktu semaksimal mungkin, manusia tidak boleh melupakan kemampuan, tenaga dan waktu yang dimilikinya karena tubuh memerlukan proses untuk memulihkan keseimbangan alami dalam sistem saraf, menguatkan kembali fungsi tubuh, serta menjaga stabilitas mental dan emosional.
Pentingnya manajemen waktu istirahat di malam hari sebenarnya dapat ditelaah berdasarkan ayat-ayat Allah dalam Al-Qur’an dan tuntunan Rasulullah SAW yang diketahui paling sempurna dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebut dapat dijelaskan dari sisi medis bahwa tidur yang berkualitas di malam hari merupakan upaya optimalisasi dalam detoksifikasi tubuh untuk menetralisir toksin yang mengontaminasi. Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui manajemen tidur di malam hari dalam tuntunan Islam serta mengeksplorasi peranan kualitas tidur di malam hari dalam mekanisme detoktisifikasi tubuh. Karya tulis ini disusun berdasarkan metode studi pustaka dengan mengumpulkan dan menelaah informasi yang berkaitan dengan manajemen tidur di malam hari sesuai tuntunan Islam yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadits Rasulullah serta hasil penelitian yang berhubungan dengan tidur malam yang berkualitas dan detoksifikasi tubuh.
Tidur adalah suatu keadaan di bawah sadar di mana orang tersebut dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensorik atau dengan rangsang lainnya. Para ahli membagi tidur menjadi 2 tipe, yaitu tidur gelombang lambat (Non Rapid Eye Movement/NREM) dan tidur dengan gerakan cepat mata (Rapid Eye Movement/REM). Setiap malam, seseorang mengalami dua tipe ini dengan bergantian.
Detoksifikasi tubuh melalui mekanisme detoksifikasi hati terutama fase kedua tarcapai optimal saat tidur. Mekanisme ini berkaitan erat dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin. Jalur mekanisme yang berperan penting dalam produksi antioksidan adalah jalur glutathione conjugation. Glutathione adalah gabungan dari tiga asam amino, yaitu asam glutamat, sistein, dan glisin. Fungsi utamanya ada dua, yaitu menghasilkan bentuk asam mercapturic yang selanjutnya diekskresikan melalui empedu atau urin dan menetralkan oksigen radikal bebas. Jika glutathione digunakan seluruhnya dalam proses konjugasi, maka fungsinya sebagai penetral radikal bebas akan semakin menghilang. Keadaan ini mengakibatkan tubuh kelebihan radikal bebas yang akan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, jika toksin yang beredar dalam tubuh banyak, dibutuhkan glutathione dalam jumlah yang adekuat untuk menetralkannya.
Optimalisasi tidur diawali produksi hormon melatonin yang meningkat dalam kondisi gelap mempengaruhi aktivitas otak dalam menimbulkan rasa kantuk sebagai sinyal positif tubuh agar segera mengistirahatkannya. Hormon yang mempengaruhi irama sirkadian ini kemudian akan menyesuaikan sehingga terjadi sinkronisasi antara siklus tidur dengan siklus pergantian siang dan malam di lingkungan. Allah SWT telah menjadikan malam gelap dan siang terang benderang, seperti yang disebutkan dalam QS. Al-Mu’min: 61. Tujuannya agar manusia beristirahat di malam hari dan bekerja di siang hari, sejalan dengan pengaturan sekresi hormon melatonin tersebut. Hasil yang efektif tidak akan didapatkan jika keadaan tersebut dibalik karena dalam tidur yang penting bukanlah kuantitas tetapi kualitas. Penelitian terhadap hewan uji juga menunjukkan bahwa gangguan tidur yang terus-menerus dapat menimbulkan kondisi mematikan akibat kerusakan organ dan jaringan. Kerusakan tersebut timbul akibat senyawa biokimia yang merusak, di antaranya stres oksidatif dan radikal bebas yang tidak terkendali. Pada tidur yang berkualitas, detoksifikasi hati dapat berjalan optimal, khususnya dalam pembentukan asam amino glutathione sebagai antioksidan yang menetralisasi stres oksidatif dan radikal bebas tersebut.
Berdasarkan pembahasan dalam karya tulis ini, dapat disimpulkan bahwa dalam tuntunan Islam, manajemen tidur di malam hari dilakukan dengan tidur di awal malam dan bangun di awal sepertiga malam dengan mematikan lampu saat tidur. Tidur yang berkualitas di malam hari melalui manajemen tersebut menjadikan detoksifikasi hati berjalan optimal melalui pembentukan antioksidan yang menetralisasi stress oksidatif dan radikal bebas. Demikian, Islam telah mengatur segala sesuatu dengan sempurna. Apabila umat Islam mengamalkannya secara keseluruhan tentu akan bermanfaat di dunia maupun akhirat.

Artikel ini merupakan ringkasan dari Karya Tulis Ilmiah yang disusun oleh Annisa Budiastuti, Hafriliantika Ramadhani, dan Megawati Dharma Iriani. Karya tulis ini menjadi juara pertama di kelas 3 pada Kompetisi Karya Tulis Al-Quran (KKTA), rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXII, 2009 di Universitas Brawijaya, Malang.

Jika membutuhkan file selengkapnya bisa hubungi saya dengan mengirim email ke: nisa_imutz@yahoo.co.id

Terima kasih.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Serasa baru kemarin memantapkan hati untuk serius berkecimpung di dunia kedokteran. Yup, dimulai dengan menjadi salahsatu mahasiswa Pendidikan dokter Universitas Sebelas Maret, Surakarta angkatan 2008. Semoga bisa memberikan dedikasi... ^^
 

DiaRy IcHa Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez